macam-macam partisi pada sistem operasi

TUGAS SISTEM OPERASI
MACAM-MACAM PARTISI PADA LINUX 
 EXT2 :Ext2 pertama kali dirilis pada bulan Januari 1993. Filesystem ini ditulis oleh Rémy Card, Theodore T. dan Stephen Tweedie, file system ini merupakan penulisan ulang besar-besaran dari Extended file system. Hingga bulan April 2001, file system ini masih menjadi file system tama di Linux. File system ini juga di implementasikan di sistem operasi lain seperti: NetBSD, FreeBSD, GNU HURD, Windows 95/98/NT, OS/2, dan RISC OS. Ext2 memiliki banyak kemiripan dengan filesystem asli Unix.
Ia memiliki konsep block, inode, dan directory. Serta memiliki ruang kosong untuk Access Control Lists (ACLs), fragment, undeletion, dan compression walaupun fungsi-fungsi tersebut belum diimplementasikan (terdapat melalui patch terpisah).
EXT3 : Setelah kegagalan sumber daya, “unclean shutdown”, atau kerusakan sistem, EXT2 file sistem harus melalui proses pengecekan dengan program e2fsck. Proses ini dapat membuang waktu sehingga proses booting menjadi sangat lama, khususnya untuk disk besar yang mengandung banyak sekali data. Dalam proses ini, semua data tidak dapat diakses. Jurnal yang disediakan oleh EXT3 menyebabkan tidak perlu lagi dilakukan pengecekan data setelah kegagalan sistem. EXT3 hanya dicek bila ada kerusakan hardware seperti kerusakan hard disk, tetapi kejadian ini sangat jarang. Waktu yang diperlukan EXT3 file sistem setelah terjadi “unclean shutdown” tidak tergantung dari ukuran file sistem atau banyaknya file, tetapi tergantung dari besarnya jurnal yang digunakan untuk menjaga konsistensi
REISER :reiser file sistem Reiser file sistem memiliki jurnal yang cepat. Ciri-cirinya mirip EXT3 file sistem. Reiser file sistem dibuat berdasarkan balance tree yang cepat. Balance tree unggul dalam hal kinerja, dengan algoritma yang lebih rumit tentunya. Reiser file sistem lebih efisien dalam pemenfaatan ruang disk. Jika kita menulis file 100 bytes, hanya ditempatkan dalam satu blok. File sistem lain menempatkannya dalam 100 blok. Reiser file sistem tidak memiliki pengalokasian yang tetap untuk inode. Resier file sistem dapat menghemat disk sampai dengan 6 persen. 

SWAPP merupakan partition yang boleh dibuat pada hard disk dan digunakan sebagai virtual memory. Dengan maksud, swap ini digunakan apabila (fizikal memory) yang ada pada komputer telah digunakan secara maksimun, maka swap akan digunakan untuk menampung memori tambahan. Swap tidak boleh digunakan untuk data
 MACAM-MACAM PARTISI PADA WINDOWS :
 FAAT : Merupakan tipe partisi yang sudah cukup tua, digunakan sebagai standar pada saat sistem operasi masih menggunakan DOS. Saat ini masih digunakan pada disket floppy untuk mengatur partisin
FAT16 : Perkembangan dari bentuk partisi FAT, dimana satu block data sekarang bisa menyimpan 16bit data. Tipe partisi ini digunakan pada Windows95 & Windows95C
FAT32 :
Merupakan pengembangan dari FAT16, dimana sekarang satu block data bisa menyimpan 32bit data. Tipe partisi ini pertama kali digunakan pada Windows98.
 NTFS : 
Sebuah tipe partisi baru yang pertama kali digunakan pada Windows2000 dimana tingkat keamanan dari penyimpanan file dioptimalkan. Versi Windows yang lebih rendah dari Windows2000 tidak dapat membaca tipe partisi ini.
MACAM-MACAM PARTISI PADA MAC OS :
GUID PARTITION TABLE : sebuah skema partisi yang digunakan dalam sistem Intel IA-64. Skema partisi ini mengizinkan dalam sebuah hard disk terdapat 128 partisi, dan setiap partisi dapat mencapai kapasitas maksimum 18432 Terabyte (18 Exabyte). Skema partisi ini didukung oleh sistem operasi 64-bit untuk prosesor IA-64 (Itanium, dan Itanium 2), seperti Windows XP 64-bit Edition, Windows Server 2003, atau GNU/Linux.
APPLE PARTITION MAP :Apple Partition Map (APM) adalah partisi yang digunakan untuk mendefinisikan skema organisasi tingkat rendah data pada disk diformat untuk digunakan dengan 68K dan PowerPC Macintosh komputer yang diperkenalkan dengan Macintosh SE (dapat digunakan pada Macintosh Plus juga).Apple disk dibagi menjadi blok logis , dengan 512 byte biasanya milik setiap blok. Blok pertama berisi struktur Block0 Apple tertentu . Karena APM memungkinkan senilai 32 bit blok logis, ukuran APM suatu formated disk terbatas pada 2 TIB.Apple biasa dalam hal itu mendefinisikan dirinya sebagai salah satu partisi pada disk. Ini berarti bahwa setiap blok pada disk (dengan pengecualian blok pertama, blok 0) milik partisi.Beberapa cakram hibrida mengandung suatu ISO 9660 deskriptor volume yang utama dan Peta Partisi Apple, sehingga memungkinkan disk untuk bekerja pada berbagai jenis komputer, termasuk sistem Apple.  
MASTER BOOT RECORD :Master Boot Record (MBR) atau Catatan Boot Utama dalam sistem Intel x86 dan x86-64 adalah sebutan untuk Sektor (sistem berkas).Tabel partisi yang berisi daftar partisi apa saja yang terdapat dalam hard disk yang bersangkutan. Pada saat melakukan proses booting, Master Boot Record memiliki tugas-tugas berikut ini Mencari partisi yang aktif (yang dapat melakukan proses booting) dalam tabel partisi. Mencari sektor pertama dari partisi yang aktif untuk mendapatkan boot sector dari partisi tersebut. Memuat salinan boot sector dari partisi yang aktif ke dalam memori. Memberikan kontrol selanjutnya kepada kode yang dapat dieksekusi di dalam boot sector.  
 

welcome to my blog ~ www.ardynurcahyo.co.cc ~ artikel komputer, tutorial komputer, dan website