cara uninstal linux

mungkin muncul pertanyaan, ngapain sih kok linux pake di uninstall atau dihapus dari harddisk?bisa-bisanya OS semantap linux mau dihapus?
ada macem2 alesan diablik uninstall linux, misal, mau ganti linuxnya dgn distro yang lain, atau apapunlah, cuma untuk saya sih, karena saya mau ganti ubuntu saya ama rhel4.Pada awalnya, yang saya lakukan pertama kali adalah langsung format partisi ubuntu saya. Yang terjadi selanjutnya bisa ditebak, ketika saya restart komputer saya, boot loader Ubuntu yang namanya GRUB,  langsung error, dan ga bisa sama sekali masuk windows malah. untuk mengatasi masalah ini, saya install ulang ubuntu saya. sampai disini, kondisi saya kembali pada kondisi dimana sebelum saya melakukan format terhadap partisi ubuntu saya.

Muncul pertanyaan di benak saya, gimana caranya saya untuk matiin linux saya,untuk berbagai macam kebutuhan, tapi setelah itu bisa makai windows lagi, dalam artian si linux hilang dan boot loader dari komputer saya ngarahnya ke wondows lagi.
Begini caranya:
1. hapus atau format partisi linux anda, bisa pakai disk manager atautools lainnya seperti partition magic
2. restart komputer anda sambil memasukkan cd windows anda
3. di menu setup, pilih repair
4. masukkan password administrator
5. ketik fixmbr lalu tekan enter
6. restart komputer anda
7. yap, permasalahan anda selesai, dan anda bisa kembali memakai windows anda.
sekian cerita singkat dari saya.


welcome to my blog ~ www.ardynurcahyo.co.cc ~ artikel komputer, tutorial komputer, dan website